Setelah Daftar Online, NPWP Tidak Diterima? Apa Yang Harus Dilakukan?

Banyak teman-teman yang mendaftar NPWP secara online. Hal ini biasanya karena lokasi teman-teman sudah tidak dialamat sesuai dengan KTP, karena menurut ketentuan perpajakan kita hanya bisa mendaftar atau terdaftar NPWP pada Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan lokasi sesuai dengan KTP kita. Pendaftaran NPWP Orang Pribadi memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP kita, sehingga kita tidak bisa mengubah alamat sesuai domisili.


Solusi untuk teman-teman yang berprofesi sebagai karyawan dapat mendaftar NPWP secara online melalui website www.djponline.pajak.go.id (untuk profesi usahawan tidak bisa mendaftar secara online). Tutorial untuk sementara bisa dicari via google karena saya belum membuatnya :D. 
Setelah melakukan pendaftaran NPWP secara online dan di approve oleh petugas di KPP tempat kita terdaftar, sesuai Standard Operating Procedure di Kantor Pajak, NPWP paling lambat akan dikirim dihari berikutnya. 

Permasalahan yang sering terjadi adalah pada proses pengiriman, NPWP dikirimkan oleh Kantor Pajak menggunakan kurir. Terkadang kurir tidak bisa menemukan alamat teman-teman. Terus apa yang bisa kita lakukan bila NPWP tidak kunjung tiba juga ketempat kita dan sudah kita tanyakan ke kantor jasa kurir ternyata tidak ada juga?

Saya dapat jawabannya sesuai aturan perpajakan, berdasarkan SE-60/PJ/2013 tanggal 24 Desember 2013. Untuk cetak ulang Kartu NPWP, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan/atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP) dapat diajukan setelah 1 (satu) bulan sejak tanggal mulai terdaftar dan permohonan cetak ulang bisa diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan domisili kita saat ini. Menurut informasi yang saya dapatkan syarat mengajukan cetak ulang NPWP yang pendaftarannya dilakukan secara online adalah Kartu Tanda Penduduk (beserta fotokopi) dan printout email permohonan email kita disetujui.

Jadi buat teman-teman yang sudah daftar NPWP tapi belum sampai juga NPWP-nya, maka setelah 1 (satu) bulan sejak permohonan disetujui bisa meminta cetak ulang di Kantor Pajak terdekat.

No comments:

Powered by Blogger.