Cara Mudah Mendapatkan EFIN Untuk Melaksanakan Kewajiban Pajak Online

Sebentar lagi tahun 2017 berakhir dan kita akan memasuki tahun baru. Hadirnya pergantian tahun berarti kita akan berhadapan dengan kewajiban pelaporan pajak (SPT Tahunan). Kewajiban Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan di bagi menjadi dua, yaitu :
  • SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (SPT PPh OP) yang batas akhir pelaporannya tanggal 31 Maret.
  • SPT Tahunan Pajak Penghasilan Badan (SPT PPh Badan ) yang batas akhir pelaporannya tanggal 30 April.

Dijaman sekarang cara kekinian lapor SPT (baik tahunan atau masa) bisa melalui online atau sering disebut lapor pajak online. Lapor pajak online dilakukan melalui website resmi dari Direktorat Jenderal Pajak yaitu https://djponline.pajak.go.id/ . 

selain untuk lapor SPT, Situs DJP Online juga bisa digunakan untuk membuat Kode Billing Pajak (e-Billing) seperti yang sudah saya jelaskan di artikel Tutorial Membuat Kode Billing Pajak (e-Billing) melalui DJPOnline.

Nah sebelum memulai kegiatan pelaporan pajak online dan atau membuat kode billing pajak, anda memerlukan EFIN untuk memulai registrasi di situs https://djponline.pajak.go.id/.
EFIN untuk lapor pajak online
EFIN untuk lapor pajak online
Apakah yang dimaksud dengan EFIN ?

EFIN (Electronic Filing Identification Number) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan Ditjen Pajak, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.
EFIN ini berbentuk seperti kode-kode angka tertentu yang terdiri dari 10 (sepuluh) digit.

Berikut ini adalah tata cara yang harus dilakukan untuk memperoleh dan mengaktifkan EFIN Anda.

1. Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi:
  • Ajukan permohonan aktivasi EFIN dengan formulir yang sudah ditentukan. Pengajuan permohonan ini tidak bisa dikuasakan kepada orang lain. Datangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat, atau lokasi lain yang ditentukan kantor pajak di atas;
  • Tunjukkan asli serta menyerahkan fotokopi KTP buat orang Indonesia. Buat orang asing adalah paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP);
  • Tunjukkan asli serta menyerahkan fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT); Menyampaikan alamat email aktif.
2. Untuk Wajib Pajak Badan:
  • Isi permohonan aktivasi EFIN oleh pengurus perusahaan;
  • Pengurus datang ke KPP tempat terdaftar. Tidak bisa di kantor pajak mana saja;
  • Pengurus menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan;
  • Kalau pengurusnya adalah orang Indonesia, tunjukkan asli dan serahkan fotokopi KTP dan kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus;
  • Kalau pengurusnya orang asing, tunjukkan asli dan serahkan fotokopi Paspor, KITAS atau KITAP, dan NPWP atau SKT-nya;
  • Tunjukkan asli dan serahkan kartu NPWP atau SKT atas nama wajib pajak badan;
  • Menyampaikan alamat email aktif badan tersebut.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan EFIN untuk wajib pajak badan yang merupakan kantor cabang? Berikut ini adalah tata caranya :
  • Yang mengajukan permohonan EFIN adalah pimpinan kantor cabang;
  • Datang ke KPP tempat kantor cabang terdaftar sebagai wajib pajak;
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang;
  • Surat penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan;
  • Kalau pengurusnya adalah orang Indonesia, tunjukkan asli dan serahkan fotokopi KTP dan kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus. Kalau pengurusnya orang asing, tunjukkan asli dan serahkan fotokopi Paspor, KITAS atau KITAP, dan NPWP atau SKT-nya;
  • Tunjukkan asli dan serahkan kartu NPWP atau SKT atas nama kantor cabang;
  • Menyampaikan alamat email aktif kantor cabang tersebut.
Formulir untuk permohonan aktivasi eFIN dapat diunduh pada tautan berikut: Formulir Aktivasi EFIN

Untuk pengajuan aktivasi/mendapatkan EFIN tersebut, anda harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau KP2KP terdekat dengan lokasi anda.
Bagi wajib pajak orang pribadi yang berstatus pegawai/karyawan bisa meminta EFIN dengan cara kolektif, yaitu tetap melengkapi persyaratan diatas disertai dengan surat pengantar dari instansi/perusahaan tempat bekerja dan cukup hanya perwakilan pegawai/karyawan yang datang langsung ke kantor pajak-nya.

Berikut tampilan surat aktivasi EFIN yang akan kita dapatkan dari kantor pajak :

Setelah EFIN Anda aktif, Anda dapat menggunakannya​ untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online. Untuk Anda yang telah terdaftar, EFIN ini juga diperlukan jika akan melakukan reset password maupun email di situs aplikasi DJP Online. 

Jadi, simpan EFIN Anda dengan baik. Maka Anda cukup sekali saja datang ke KPP untuk aktivasi EFIN, karena EFIN berlaku untuk seumur hidup.

No comments:

Powered by Blogger.