Wisata Goa Pandan - Kabupaten Lampung Timur

Wisata Goa di Provinsi Lampung memang tak sepopuler dan semenarik di Pulau Jawa. Selain memang belum dikenalkannya destinasi wisata goa, faktor jarak, safety, dan ketersediaan guide yang bisa membimbing juga minim.

Ternyata di Provinsi Lampung ada juga goa yang panjang kedalamannya dan suasana-nya menarik. Bersyukurnya Goa Pandan Mulai dikelola oleh Pokdarwis dan masyarakat sana. Jadi sudah ada Guide yang memahami dan memilki pengetahuan seputar goa ini. Karena baru memulai pengelolaan wisata Goa Pandan, maka peralatan dan safetynya sedang diusahakan bertahap. Sekarang sudah mulai disediakan senter dan headlamp.

Goa ini mulai ditelusuri oleh warga lokal sejak tahun 1980an. Awalnya iseng hingga untuk mencari kelelawar untuk dikonsumsi. Menurut Pokdarwis setempat ada 10 Goa yang ditemukan, 5 diantaranya sudah diberi nama seperti Goa Pandan, Goa Kelelawar, Goa Jelatang, Goa Sumur, Goa Serai.



Goa saling berhubungan membuat labirin2, sehingga bisa dibayangkan panjang Goa. Sayang beberapa labirin terputus karna reruntuhan. Sejauh ini panjang Goa belum diketahui. Karna minimnya peralatan warga dan pokdarwis lokal, maka belum dicoba untuk masuk terlalu dalam. Seorang warga pernah mencoba dari pagi hingga sore, ujung Goa belum juga ditemukannya.

Goa Pandan berlokasi di Dusun Umbul Lebak, Giri Mulyo, Marga Sekampung, Lampung Timur. berikut penampakan goa hasil penelusuran akun Instagram @lampunginsta

A post shared by Lampung Insta (@lampunginsta) on

Runtuhan goa ini ditumbuhi tanaman 'musuh' yakni JELATANG. Daunnya beracun. Ada dua tipe yang merambat dan berbatang. Namun biasanya tipe berbatang, batangnya hanya sebesar jari kelingking. Dalam foto ini batangnya sebesar paha, gak kebayang racun yang terkandung bila tersentuh sedikit ke kulit. Mungkin akan memberikan efek perih/panas bercampur gatal selama seminggu. Untuk masuk kesini ada guide yang akan memandu. Konsultasi dengan guide sebelum masuk dan mintalah pendampingan serta sangat disarankan menggunakan sepatu. .


Dalam beberapa bulan terakhir masyarakat sekitar Goa Pandan dan kelompok sadar wisata mulai mengelola Goa Pandan ini untuk menjadi objek wisata andalan di Lampung Timur. Masyarakatnya ramah terhadap pengunjung, modal awal yang yang paling penting dalam wisata sudah terbentuk: "ramah".

Cukup menyenangkan, karena wisata Goa di Lampung belum begitu dilirik. Di Lampung Timur sudah mulai dikembangkan wisata goa ini, bisa menjadi alternatif baru disaat wisata-wisata lain sudah mainstream untuk di wilayah Provinsi Lampung. Apalagi panjang goa cukup dalam, bahkan hingga kini belum ada yang bisa mengukur panjang dan kedalamannya. Namun, kelompok sadar wisata sudah membuat jalur untuk wisatawan menelusur Goa.

Simak video menjelajah Goa Pandan berikut :

Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan peta dari Google Maps dan jangan lupa untuk bertanya ke penduduk sekitar agar perjalanan anda lancar sampai tujuan wisata :



sumber

No comments:

Powered by Blogger.