Ini sanksinya bila tidak lapor Surat Pemberitahuan (SPT) tepat waktu


Setelah mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, setiap wajib pajak mempunyai kewajiban untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT), Baik SPT Masa maupun SPT Tahunan (kecuali WP Bendaharawan dan Cabang). Pelaporan SPT harus tepat waktu sebelum jangka waktu yang ditentukan dalam UU KUP, karena apabila kita melaporkan SPT melewati jangka waktu yang di tentukan akan terkena SANKSI DENDA sesuai pasal 7 UU KUP.

Sanksi Tidak Melapor SPT Masa Orang Pribadi
Adalah sanksi administratif berupa denda Rp 100.000 untuk setiap bulan yang tidak dilaporkan SPT Masa-nya. SPT Masa sendiri WAJIB dilaporkan setiap bulan maksimal tanggal 20 bulan berikutnya. (untuk pembayaran pajaknya maksimal pada tanggal 15)

Sanksi Tidak Melapor SPT Tahunan Orang Pribadi
Adalah sanksi administratif berupa denda sebesar Rp 100.000 untuk setiap SPT Tahunan yang tidak dilaporkan. SPT Tahunan dilaporkan maksimal 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak yang pada umumnya pada tanggal 31 Maret.

Sehingga untuk SPT Tahunan 2017 maksimal dilaporkan pada tanggal 31 Maret 2018. Sanksi tersebut berlaku untuk yang tidak melaporkan maupun yang terlambat melaporkan, jadi jangan sampai Anda terlambat untuk melaporkan SPT Tahunan Anda. 


Sanksi Tidak Melapor SPT Masa Badan
Untuk keterlambatan atau tidak melapor SPT Masa Pajak Penghasilan (PPh) maka dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 100.000 untuk setiap bulan yang terlambat atau tidak dilaporkan.

Sementara untuk SPT Masa PPN sanksi administratifnya adalah Rp 500.000 untuk setiap bulan yang terlambat atau tidak dilaporkan. Untuk SPT Masa PPh dilaporkan maksimal tanggal 20 bulan berikutnya, sedangkan SPT Masa PPN maksimal akhir bulan berikutnya.

Sanksi Tidak Melapor SPT Tahunan Badan
Untuk keterlambatan atau tidak melapor SPT Tahunan adalah dikenakan sanksi administratif sebesar Rp 1.000.000 untuk setiap SPT Tahunan yang terlambat atau tidak dilaporkan.

Penyampaian SPT Tahunan Badan dilaporkan maksimal 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak yang pada umumnya pada tanggal 30 April. Sehingga untuk SPT Tahunan 2017 maksimal dilaporkan tanggal 30 April 2018.


Sanksi Administratif Berupa Bunga
Selain sanksi Administratif berupa denda, ada juga sanksi berupa bunga atas pajak yang terlambat dibayar dan dilaporkan sebesar 2% per bulan untuk setiap masa pajak (SPT Masa bulanan maupun tahunan). Sanksi Administratfi ini akan disampaiakan kepada Anda dalam bentuk Surat Tagihan Pajak (STP).

Konsekuensi Perpajakan
Setiap pelanggaran perpajakan selalu memiliki konsekuensi hukum. Dalam kasus pelaporan pajak yang mendapat sanksi Administratif masih tergolong ringan. Untuk kasus yang lebih serius seperti menghidar kewajiban membayar pajak dan lain-lain maka dapat diberikan sanksi pidana atau penahanan seperti pemberitaan di beberapa media akhir-akhir ini.

Materi Kuliah : Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

No comments:

Powered by Blogger.