Ayo Ke Dam Raman! Wisata (baru) di Kota Metro

Siapa yang belum tahu dan belum pernah ke Dam Raman? 

Bagi yang belum tahu apa itu Dam Raman, saya coba sedikit jelaskan. Dam Raman merupakan bendungan irigasi yang terletak di wilayah Kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro. Bendungan ini sangat luas sehingga membentuk seperti danau serta dikelilingi pepohonan yang teduh. Potensi wisata air di waduk ini terbentang luas menciptakan panorama alam yang indah. Oleh penduduk, lokasi ini selama ini dijadikan tujuan untuk bersantai dan melepas penat. Area lahan seluas 26 hektar yang terdiri dari 24 hektar lahan eks Bengkok dan 2 hektar hutan sengon ini, Dam Raman menawarkan suasana alam yang cukup menarik.


Sayangnya (danau) Dam Raman kurang terawat dan potensinya terabaikan, kondisi tempat yang masih alami itu sebagian besar permukaannya nyaris tertutup tanaman eceng gondok. Daerah wisata ini belum dikelola dengan baik. Padahal Waduk Dam Raman bisa menjadi sumber potensi air terbesar Kota Metro yang berjarak 8 km dari dam ini serta bisa menjadi potensi wisata baru di sekitar Kota Metro.

Dam Raman hanya jadi tempat memancing 

Kondisi Dam Raman dulu
Tapi itu dulu!

Sampai suatu saat ada seorang Warga Biasa Penggagas #Ayokedamraman yang bernama Dharma Setyawan. Memulai gerakan #AyokeDamRaman, Gerakan #ayokedamraman ini menjadi gerakan perlawanan atas kesemrawutan kebijakan, gerakan ini merupakan gerakan warga yang bergotong royong, berduyun-duyun membangun daerah dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia oleh alam atas kuasa sang khalik, mereka merubah mainset untuk tidak hanya menggunakan dam raman sebagai spot pemancingan, namun menyulapnya sebagai tempat eko-wisata yang menarik.


Gerakan ini berhasil mengubah wajah Dam Raman yang dulu semrawut, kotor dan terkesan angker, menjadi tempat eko-wisata yang menarik dengan banyak fasilitas. Banyak masyarakat yang datang berduyun-duyun ke Dam Raman untuk menikmati keindahan alamnya, bermain-main di danaunya, atau berkegiatan. Baik datang beserta keluarga tercinta maupun bersama teman-teman secara berkelompok.

Bahkan sekarang Dam Raman menjadi tempat wisata yang nge-Hitz Jaman Now, disertai dengan adanya akun Instagram @ayokedamraman yang menyuguhkan foto-foto menarik aktivitas pengunjung Dam Raman.


2 comments:

  1. Tempatnya sekarang lebih bagus, bisa dijadikan tempat destinasi. jdi yang di sekitaran kota metro gx jauh jauh harus mencari tempat untuk melepas lelah. Tempat wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tinggal pengelolaan parkir serta pedagang aja lebih ditertibkan

      Delete

Powered by Blogger.