Solusi Penyimpanan File Penting Bagi Mahasiswa

Sebagai dosen sering sekali saya mendengar alasan para mahasiswa yang kehilangan file pentingnya, bisa berupa file tugas mandiri, tugas kelompok, laporan akhir atau bahkan skripsi. Alasan kehilangannya pun berbagai macam, biasanya karena flashdisk/notebook/PC-nya terkena virus, rusak ataupun hilang.

Sebagai solusi apabila hal-hal tersbut diatas terjadi pada saya, biasanya selain menyimpan file di flashdisk/notebook/PC, saya akan menyimpan file tersebut di dalam cloud storage.

Cloud Storage yang biasa saya gunakan yaitu Dropbox dan Google Drive


Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. 
Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. 
DropBox menyediakan kapasitas 2GB secara gratis dan dapat di tambahkan bagi pengguna premium, Om dan Tante juga bisa mereferensikan Dropbox kepada kerabat atau teman, tujuannya adalah untuk mendapatkan tambahan kapasitas sebesar 500 MB dari setiap akun yang terdaftar oleh kita, dengan cara tersebut kita dapat terus menambah kapasitas penyimpanan hingga sebesar 8 GB. 
Dropbox tersedia untuk anda pengguna OS Windows, Mac OS, Linux, dan Mobile, untuk Mobile ia kompatible dengan platfrom iPad, iPhone, Android dan juga Blackberry.


Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud buatan Google, setiap pengguna dibekali 15 GB kapasitas menyimpan data di internet secara gratis.

Total kapasitas penyimpanan sebenarnya “dibagi-bagi” dengan produk Google lain seperti Gmail dan Google+ Photos. Jika kamu tidak menggunakan produk Google lainnya berarti semua 15 GB tadi bisa kamu gunakan hanya untuk Google Drive.

Aplikasi sync client bisa diinstall di Windows dan Mac, dimana fitur utamanya ya upload file dan folder. Sedangkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS bisa mengupload foto dan video ke Google Drive.

Folder dan file bisa di-share ke pengguna Google spesifik lewat akun email mereka atau siapapun yang mengetahui URL tautan publik yang dibuat. Kamu juga bisa membuat sebuah file memiliki permission view-only sehingga mencegah siapapun mendownloadnya.

Google Drive membuat kolaborasi sangat mudah dengan fitur komentar dan membolehkan file dibuka oleh lebih dari 1 pengguna dalam satu waktu.


Selama menggunakan dua cloud storage tersebut saya tidak mengalami hambatan yang berarti, selain fitur penyimpanan file online, banyak lagi fitur dari dua cloud storage tersebut. fitur-fitur tersebut akan kita bahas dikemudian hari.

Tabik.....

2 comments:

  1. Untuk google drive saya rasa bisa lebih dari 15GB untuk mahasiswa yang memang itu kelebihan yang diberikan google untuk para mahasiswa dan mahasiswi untuk menyimpan file.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang lebih besar kapasitas penyimpanan yang diberikan GDrive, kita juga bisa menambah kapasitas penyimpanan dropbox dengan program affiliate...
      kita undang teman2 kita untuk menggunakan dropbox melalui link affiliate kita

      Delete

Powered by Blogger.