Pungutan Lain (Retribusi & Sumbangan) serta bedanya dengan pajak

Selain pajak, terdapat pungutan-pungutan lain yang dibayarkan oleh rakyat kepada negara, yaitu retribusi dan sumbangan. berikut pengertiannya :



dan perbedaan pajak dengan pungutan lain (retribusi dan sumbangan) dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



Perbedaan pajak dengan retribusi

Dalam membayar pajak, si pembayar tidak mendapatkan kontrapretasi (imbalan) secara langsung. Imbalan yang diterima biasanya dalam bentuk sarana dan prasarana serta pelayanan publik yang bisa dinikmati bersama oleh seluruh masyarakat. Terdapat unsur paksaan dalam pemungutan pajak, apabila wajib pajak tidak membayar pajak  maka akan terkena sanksi administratif atau bahkan sampai ke ranah pidana.

Sedangkan dalam membayar retribusi, si pembayar dapat menikmati kontrapretasi (imbalan) secara langsung. misalnya saat kita membayar retribusi parkir, biasanya kita membayar setelah mendapatkan jasa parkir. Unsur paksaan dalam pemenuhan kewajiban membayar retribusi biasanya dalam bentuk pelarangan penggunaan jasa atau tidak diberikan izin.


Perbedaan pajak dengan sumbangan

Dalam pemenuhan kewajiban membayar pajak, ada unsur paksaan (sanksi) yang membuat kita harus membayar pajak dan dalam membayar pajak, kita tidak dapat mengetahui siapa yang akan menikmati penggunaan uang pajak yang kita bayar tersebut.

Sedangkan membayar sumbangan tidak terdapat unsur paksaan didalamnya serta kita bisa mengetahui dengan jelas siapa yang akan menikmati/menggunakan uang sumbangan kita tersebut.

File Presentasi Pengantar Perpajakan 1 silahkan unduh disini

No comments:

Powered by Blogger.