FUNGSI PAJAK

Fungsi pajak bisa dilihat pada diagram ini :


Ada beberapa fungsi pajak yaitu:
Fungsi pajak yang pertama adalah sebagai fungsi anggaran atau penerimaan (budgetair): pajak merupakan salah satu sumber dana yang digunakan pemerintah dan bermanfaat untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran. Penerimaan negara dari sektor perpajakan dimasukkan ke dalam komponen penerimaan dalam negeri pada APBN.

Fungsi pajak yang kedua adalah sebagai fungsi  mengatur (regulerend) : pajak sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan pemerintah dalam bidang sosial dan ekonomi. Contohnya adalah pengenaan pajak yang lebih tinggi kepada barang mewah dan minuman keras.

Fungsi pajak yang ketiga adalah fungsi redistribusi pendapatan : penerimaan negara dari pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran umum dan pembangunan nasional sehingga dapat membuka kesempatan kerja dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Fungsi pajak yang keempat adalah fungsi demokrasi : suatu fungsi yang merupakan salah satu penjelmaan atau wujud sistem gotong royong termasuk pemerintah dan penggunaannya demi kesejahteraan masyarakat.

File Presentasi Pengantar Perpajakan 1 silahkan unduh disini

No comments:

Powered by Blogger.